maidaniipancakedurian.com distributor resmi pancake durian oleh-oleh khas medan

Pembentukan Perilaku
Sebagian besar perilaku manusia adalah perilaku yang dibentuk, perilaku yang disadari dan perilaku yang dipelajari. Berkaitan dengan hal tersebut maka salah satu persoalan yang muncul adalah pertanyaan yang berkaitan dengan bagaimana cara pembentukan perilaku tersebut. Ada tiga cara pembentukan perilaku :
1. Cara pembentukan perilaku dengan kondisioning atau membentuk kebiasaan. Cara pembentukan perilaku dengan kondisioning adalah cara pembentukan perilaku dengan cara membiasakan diri untuk berperilaku seperti yang diharapkan. Dengan pembiasaan ini diharapkan lambat laun akan terbentuk otomatisasi perilaku. Misalnya anak dibiasakan bangun pagi, seorang muslim dibiasakan bangun di tengah malam untuk menunaikan shalat tahajut, kebiasaan cuci tangan sebelum makan, gosok gigi sebelum tidur, berdoa sebelum berangkat kerja dan sebagainya. Sekedar sebagai pengingat, konsep dasar cara pembentukan perilaku ini adalah didasarkan pada teori belajar kondisioning, baik yang dikemukakan oleh Pavlov, Thorndike dan Skinner.
2. Pembentukan Perilaku dengan Pengertian (Insight), selain dengan pembiasan pembentukan perilaku dapat dilakukan dengan menanamkan pengertian atau membentuk insight.

maidaniipancakedurian.com distributor resmi pancake durian oleh-oleh khas medan

Misalnya berangkat sekolah harus pagi-pagi agar tidak terlambat sehingga tidak dimarahi oleh guru, datang kuliah jangan sampai terlambat karena hal tersebut dapat mengganggu teman-teman yang lain. Bila naik sepeda motor harus menggunakan helm pengaman karena helm tersebut untuk menjaga keamanan diri dan masih banyak contoh lain untuk menggambarkan hal tersebut. Sekedar mengingatkan, model pembentukan perilaku dengan insight ni didasarkan pada konsep teori belajar kognitip yang dikembangkan oleh Kohler. Bila Thorndike lebih menekankan pentingnya pembiasaan atau latihan dalam belajar pembentukan perilaku, maka Kohler lebih menekankan pentingnya memberi pengertian atau memunculkan insight. Kohler adala tokoh dalam psikologi Gestalt dan termasuk dalam aliran kognitip.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s